Pasti Angkut
Beranda/Blog/Solusi Jitu Penanggulangan Sampah, Jika TPA Tutup Lagi

Solusi Jitu Penanggulangan Sampah, Jika TPA Tutup Lagi

Pasti Angkut / 16 September 2022
Solusi Jitu Penanggulangan Sampah, Jika TPA Tutup Lagi | Pasti Angkut

TPA (Tempat Pembuangan Akhir) Piyungan lagi-lagi tutup. Tempat pembuangan sampah terbesar di Yogyakarta itu tutup selama dua hari mulai dari 16-17 September 2022.

Alasannya adalah untuk penataan dan pembuatan area unloading sampah. Entah ini alasan yang menguntungkan atau tidak. 

Pada bulan Mei 2022 TPA Piyungan juga tutup. Alasannya karena kelebihan muatan sampah. Sehingga tidak memungkinkan untuk menampung sampah lagi, bahkan muncul pernyataan berita bahwa TPA tersebut akan ditutup. 

Tutup selama hampir dua minggu membuat sampah-sampah di Yogyakarta menumpuk. Bahkan muncul hastag #jogjadaruratsampah sebagai bentuk protes warganet terhadap masalah ini. 

Kita tidak bisa memprediksi kapan TPA Piyungan akan akan tutup kembali. Upaya mitigasi dalam menghadapi bencana sampah ini pun dipertanyakan. 

Bahkan pemangku kebijakan seringkali lupa, bahwa mitigasi itu harusnya dimulai dari ranah paling kecil yaitu skala rumahan. Pun apabila kita masih awam akan mitigasi itu, kita bisa meminta bantuan pihak ketiga untuk menangani sampah yang kita miliki. 

Mungkin empat hal ini bisa membantu memecahkan masalah sampah yang Anda miliki.

  1. Kantong Doraemon

Tidak ada yang tidak bisa dilakukan oleh Doraemon. Ia memiliki segala hal di kantong ajaibnya. Kantong ajaib itu menyimpan alat-alat yang aneh bin ajaib. 

“Semua semua semua, dapat dikabulkan, dapat dikabulkan dengan kantong ajaib”. Lirik tersebut sebagai legitimasi, bahwa masalah sebesar apapun kantong ajaib Doraemon adalah solusinya. 

Dalam kantong itu, Doraemon mungkin memiliki alat vaum celaner ajaib yang mampu menyedot segala sampah yang ada di muka bumi Yogyakarta. Apabila dia tidak memilikinya, sampah-sampah yang ada bisa dimasukkan ke dalam kantong ajaibnya.

Kantong yang dimilikinya disinyalir tidak memiliki limit penyimpanan. Semua bisa disimpan dengan aman oleh kantong itu. 

Kantong itu seakan memiliki luas sejagat raya. sejauh kalian memandangi isi kantong tersebut, mata kalian tidak akan dapat menjangkau ujungnya. 

Tidak ada yang menafikkan itu. Dengan kantong ajaibnya, Doraemon mungkin mampu menampung sampah milik kita, bahkan sampah yang menggunung di Piyungan.

  1. Jentikan Jari Om Jin 76

Om Jin 76 adalah karakter yang ada dalam iklan rokok 76. Sosok ini diceritakan bisa mengabulkan segala permintaan bagi mereka yang bisa melepaskan Om Jin dari dalam botol. Segala hal bisa dilenyapkan oleh Om Jin. 

Kata-kata andalannya adalah “kuberi kamu tiga permintaan”. Pernah suatu ketika Om Jin diminta untuk menghilangkan korupsi di muka bumi dan ia berhasil. 

Bayangkan korupsi saja bisa hilang, apalagi sampah yang menggunung. Mungkin jika kita bertemu Om Jin, apabila kita minta seluruh sampah di Piyungan hilang pasti akan terwujud. 

Tidak ada keniscayaan. Hanya satu yang tidak bisa ia wujudkan, yaitu kehendak seseorang untuk tampan.  

  1. Kekuatan Ueki Kousuke

Ueki Kousuke adalah tokoh utama dalam serial manga (kartun Jepang) The Law of Ueki. Dia memiliki kekuatan mengubah sampah menjadi pohon. Sampah apapun yang dipegang oleh Ueki dapat diubah menjadi pohon. 

Bayangkan bila Ueki hadir di dalam rumah kita. Kita tidak perlu repot-repot membuang sampah. Dengan kekuatannya, sampah yang kita punya bisa ia sulap menjadi pohon.

Kekuatan Ueki ini juga bisa membantu pemerintah dalam program reboisasi. Bukan membabat lahan untuk tempat pembuangan sampah, Ueki malah bisa membuat hutan dari tumpukan sampah. 

  1. Pasti Angkut

Mungkin dari tips sebelumya, yang paling relevan adalah menggunakan jasa Pasti Angkut. Layanan ini nyata, tidak utopis. Bisa diakses oleh semua orang, mulai dari rumah tangga hingga lembaga. 

Dengan menggunakan Pasti Angkut tidak perlu khawatir, apabila TPU Piyungan tutup. Sampah yang menumpuk di lingkungan kita pasti akan diambil. Lantas kemudian ke mana Pasti Angkut menampung sampah jika siap mengambil seluruh sampah kita? 

Pasti Angkut memiliki layanan pengolahan sampah dengan mitra olah. Jadi setiap sampah yang diambil oleh Pasti Angkut akan diolah menjadi hal yang lebih berguna. 

 

__________

*Pasti Angkut/Raafi

Bagikan

mail