Pasti Angkut

Syarat dan Ketentuan | Pasti Angkut

Ketentuan Umum

  1. Persyaratan dan Ketentuan ini mengatur hubungan antara Anda sebagai Pelanggan, Mitra Angkut, Mitra Pengelola, Mitra Penampung Sementara dan  PT Tata Karya Gemilang.
  2. Persyaratan dan Ketentuan ini WAJIB untuk dibaca dengan seksama oleh Anda selaku Pelanggan karena selanjutnya berlaku sebagai perjanjian yang mengikat antara Anda dengan PT Tata Karya Gemilang.
  3. Bahwa definisi-definisi berikut ini selanjutnya mengikat Anda dan PT Tata Karya Gemilang, yakni :
  4. Akun adalah akun yang didapatkan dan atas nama Anda sebagai Calon Mitra Angkut setelah mendaftarkan diri melalui Aplikasi.
  5. Aplikasi adalah Digital Platform dengan merek/nama PASTI ANGKUT yang diunduh secara resmi dari Google Play Store maupun App Store yang dikelola dan dimiliki oleh PT Tata Karya Gemilang.
  6. Atribut adalah tanda kelengkapan dan perlengkapan berupa seragam maupun alat yang menunjang pelaksanaan jasa layanan.
  7. Mitra Angkut adalah pihak yang melaksanakan pengambilan sampah dari tempat Pelanggan.
  8. Pelanggan adalah pengguna aplikasi PASTI ANGKUT.
  9. Ponsel Pintar adalah telepon selular yang dapat terhubung dengan Aplikasi dan mengoperasionalkannya dengan baik.
  10. Kontrak Elektronik adalah perjanjian para pihak yang dibuat melalui sistem elektronik sebagaimana diatur dalam Undang-undang No. 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik dan Peraturan Pemerintah No. 82 Tahun 2012 tentang Penyelenggaraan Sistem dan Transaksi Elektronik.

Syarat dan Ketentuan Sebagai Perjanjian

  1. Dengan menyetujui seluruh isi dari syarat dan ketentuan ini, Anda telah mengikatkan diri dalam seluruh syarat dan ketentuan yang ada sebagai perjanjian.
  2. Bentuk persetujuan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) adalah dengan cara melakukan tindakan mengklik persetujuan secara elektronik ini.
  3. Dengan mengklik setuju Anda juga memberikan hak kepada PT Tata Karya Gemilang untuk menambah atau mengurangi isi syarat dan ketentuan ini di kemudian hari dengan dapat menginformasikan terlebih dahulu kepada Anda.

Pernyataan

Dengan menyetujui Syarat dan Ketentuan ini, Anda menyatakan sebagai berikut :

  1. Anda merupakan subyek hukum yang secara hukum atau perundang-undangan sudah resmi dapat menjadi Pelanggan;
  2. Anda berkomitmen menggunakan aplikasi ini dengan mengikuti norma dan ketentuan hukum yang berlaku;
  3. Anda menyatakan seluruh dokumen yang Anda berikan adalah sesuai dengan aslinya;
  4. Anda menyatakan tidak akan menggunakan aplikasi di luar layanan yang ditetapkan PT Tata Karya Gemilang;
  5. Anda setuju penggunaan metode pembayaran yang ditetapkan PT Tata Karya Gemilang atau menggunakan Penyedia Metode Pembayaran yang terhubung dengan aplikasi;
  6. Anda memahami dan menyetujui risiko yang timbul dari penggunaan layanan dengan pihak ketiga seperti Mitra Angkut dan Penyedia Metode Pembayaran;
  7. Anda menyetujui penggunaan data dari layanan Google Maps dengan ketentuan sebagai berikut :
  8. Anda secara tegas membebaskan PT Tata Karya Gemilang, termasuk namun tidak terbatas pada, pejabat, direktur, komisaris, karyawan dan agen, dari setiap dan semua kewajiban, konsekuensi, kerugian baik materiil atau immateriil, tuntutan, biaya-biaya (termasuk biaya advokat) atau tanggung jawab hukum lainnya yang timbul atau mungkin timbul akibat pelanggaran Pelanggan terhadap Ketentuan Penggunaan ini maupun sehubungan dengan tindakan Mitra Angkut, atau Penyedia Metode Pembayaran; dan
  9. Anda setuju untuk mematuhi semua syarat dan ketentuan, peraturan perundang-undangan serta perubahan berdasarkan kebijakan PT Tata Karya Gemilang.

Kewajiban Pelanggan

  1. Pelanggan dalam mengumpulkan sampah wajib sebelum diambil oleh Mitra Angkut wajib memperhatikan :
    • jenis sampah bukanlah sampah spesifik yang berbahaya dan/atau mengeluarkan zat berbahaya bagi manusia;
    • jenis sampah adalah sampah rumah tangga bukan sampah medis atau industri yang membutuhkan proses khusus;
  2. Pelanggan wajib memperlakukan Mitra Angkut dengan penuh hormat.
  3. Pelanggan wajib membayar Tarif Angkut melalui aplikasi yang telah disediakan sesuai syarat dan ketentuan ini.

Penggunaan Layanan

  1. Pelanggan yang menggunakan aplikasi PASTI ANGKUT wajib tunduk pada syarat dan ketentuan serta kebijakan dari PT Tata Karya Gemilang.
  2. Pelanggan memiliki kebebasan penuh untuk memilih menggunakan atau tidak menggunakan aplikasi ini.
  3. Aplikasi ini terhubung dengan Para Mitra PT Tata Karya Gemilang yakni Mitra Angkut sebagai pengambil sampah.
  4. Pelanggan yang melakukan pemesanan untuk pengambilan sampah akan dihubungkan kepada Mitra Angkut melalui aplikasi PASTI ANGKUT.
  5. Pesanan Anda melalui aplikasi PASTI ANGKUT menciptakan hubungan hukum dengan Mitra Angkut dimana PT Tata Karya Gemilang selaku pengelola Aplikasi PASTI ANGKUT bukanlah bagian dari Para Pihak. Sejauh perundang-undangan mengizinkan, PT Tata Karya Gemilang tidak bertanggung jawab atas adanya kelalaian, penyelewenangan dan/atau ketidaksesuaian antara Pelanggan dengan Mitra Angkut sehingga dengan ini melepaskan PT Tata Karya Gemilang dari tanggung jawab.

Verifikasi

  1. Pelanggan yang akan menggunakan Aplikasi wajib untuk menyetujui Syarat dan Ketentuan serta Kebijakan Privasi yang telah ada.
  2. Pelanggan yang akan mendaftar akan diminta informasi berupa : a) nama lengkap; b) nomor telepon selular; c) alamat pengambilan sampah; dan d) alamat email.
  3. Pelanggan dapat merubah informasi melalui fitur yang ada dalam Aplikasi.
  4. Setelah berhasil melakukan pendaftaran, Pelanggan wajib memasukkan Kode Verifikasi yang telah dikirimkan ke nomor telepon selular Pelanggan pada Aplikasi.
  5. Nomor telepon selular yang didaftarkan melekat dengan akun Pelanggan, sehingga tidak bisa membuat/mendaftarkan akun dengan nomor yang sama dikemudian hari.
  6. Kode Verifikasi atau one time password (OTP) dibuat secara otomatis oleh sistem dan hanya diketahui Pelanggan. Dilarang keras memberitahukan Kode Verifikasi kepada siapapun termasuk yang mengaku dari PT Tata Karya Gemilang.

Akun Pelanggan

  1. Akun Pelanggan hanya dapat digunakan oleh Pelanggan tanpa dapat dialihkan kepada orang lain dengan alasan apapun.
  2. PT Tata Karya Gemilang berhak untuk menolak untuk memfasilitasi proses layanan ataupun menghentikan layanan jika cukup dugaan Pelanggan telah mengalihkan atau membiarkan akun digunakan oleh orang lain.
  3. Pelanggan bertanggungjawab atas keamanan, kerahasiaan, informasi pribadi, rincian pembayaran serta Kode Verifikasi atas kelalaiannya dalam penggunaan akun.
  4. Setiap pesanan atau permintaan layanan atas nama Akun Pelanggan melalui aplikasi dianggap sah dan menjadi tanggung jawab Pelanggan.
  5. Pelanggan wajib sesegera mungkin memberitahukan PT Tata Karya Gemilang apabila mengetahui atau menduga Akun miliknya telah digunakan orang lain tanpa izin dan persetujuan darinya. PT Tata Karya Gemilang berhak melakukan tindakan yang dianggap perlu berdasarkan laporan.

Perlindungan Data Pribadi

  1. Pelanggan menyetujui bahwa PT Tata Karya Gemilang  berhak untuk mengumpulkan dan menggunakan setiap informasi yang diberikan maupun dihasilkan oleh Pelanggan, informasi tersebut termasuk namun tidak terbatas kepada informasi pribadi yang diberikan oleh Pelanggan pada saat pendaftaran Aplikasi (yaitu, nama, alamat, Kartu Tanda Penduduk, nomor telepon, rekening bank, dan lainnya), informasi mengenai lokasi Pelanggan yang dapat diketahui melalui Aplikasi, informasi mengenai transaksi Pelanggan melalui Aplikasi, maupun informasi lainnya yang tersedia kepada PT Tata Karya Gemilang dari penggunaan Aplikasi oleh Pelanggan, termasuk namun tidak terbatas kepada memberikan ataupun penyebarluasan informasi tersebut kepada Pihak Ketiga manapun, termasuk pemberian informasi yang diperlukan kepada aparat. Informasi atau data tersebut diperlukan untuk menyelesaikan keluhan, perselisihan, atau konflik maupun pemberian informasi untuk keperluan komersil PT Tata Karya Gemilang.
  2. Pelanggan dilarang untuk menyebarluaskan atau membagi setiap informasi yang didapatkan olehnya melalui penggunaan Aplikasi, baik informasi mengenai PT Tata Karya Gemilang maupun mengenai Konsumen, kepada pihak ketiga manapun tanpa mendapatkan persetujuan tertulis dari PT Tata Karya Gemilang sebelumnya.
  3. PT Tata Karya Gemilang wajib menjaga kerahasiaan data pribadi selain penggunaan sebagaimana dimaksud pada ayat (1).

Biaya dan Pembayaran

  1. Mengunduh dan mendaftar aplikasi PASTI ANGKUT adalah gratis atau bebas biaya.
  2. Layanan pengambilan sampah pelanggan oleh Mitra Angkut adalah layanan berbayar. Pelanggan akan dikenakan Tarif Angkut dengan besaran nilai yang ditentukan oleh PT Tata Karya Gemilang melalui aplikasi PASTI ANGKUT.
  3. Pembayaran dapat dilakukan dengan metode pembayaran elektronik yang disediakan oleh Pihak Ketiga yang tersedia dalam Aplikasi, termasuk uang elektronik, tagihan, rekening bank, dan/atau metode pembayaran lainnya. Metode pembayaran dapat berubah sewaktu-waktu dengan kebijakan PT Tata Karya Gemilang
  4. Pelanggan yang melakukan proses pembayaran harus terdaftar  secara resmi pada Penyedia Metode Pembayaran yang terhubung ke dalam aplikasi. Saat menggunakan aplikasi untuk pembayaran, Pelanggan melakukan hubungan hukum secara langsung dengan Penyedia Metode Pembayaran sehingga melepaskan PT Tata Karya Gemilang dari tanggung jawab jika ada kelalaian atau tindakan lainnya yang merugikan salah satu pihak maupun melawan hukum.
  5. PT Tata Karya Gemilang berhak menolak atau menunda untuk meneruskan permintaan pembayaran Pelanggan melalui Metode Pembayaran karena alasan tertentu, termasuk namun tidak terbatas pada adanya indikasi atau mempunyai alasan yang cukup untuk menduga adanya kecurangan, penipuan, pelanggaran Ketentuan Penggunaan, pelanggaran atas peraturan perundang-undangan yang berlaku termasuk yang terkait dengan alat pembayaran menggunakan kartu, uang elektronik, pemrosesan transaksi pembayaran, anti pencucian uang, korupsi dan pencegahan pendanaan terorisme, atau tindakan lain yang tidak wajar atau mencurigakan, termasuk belum dipenuhinya kewajiban Pelanggan.
  6. Setiap transaksi mengikuti kaidah hukum perpajakan yang berlaku di Indonesia. Pelanggan setuju untuk melakukan segala yang diperlukan yang diwajibkan oleh hukum untuk membantu dan/atau membela PT Tata Karya Gemilang untuk mengklaim atau memverifikasi setiap transaksi yang berhubungan dengan perpajakan.

Penyedia Aplikasi

  1. Dengan ini Pelanggan mengetahui bahwa PASTI ANGKUT adalah aplikasi yang dikelola oleh PT Tata Karya Gemilang sehingga hanya sebatas pada penyedia aplikasi.
  2. Aplikasi PASTI ANGKUT adalah aplikasi resmi yang bisa diunduh di pasar digital resmi seperti Google Play Store maupun Apple App Store. Pengunduhan di luar pasar digital resmi tersebut merupakan pelanggaran dan bukanlah tanggung jawab PT Tata Karya Gemilang.
  3. Aplikasi hanya digunakan pada perangkat telepon pintar maupun tablet berbasis android maupun iOS.

Kekayaan Intelektual

  1. Aplikasi dan Layanan, termasuk namun tidak terbatas pada, nama, logo, kode program, desain, merek dagang, teknologi, basis data, proses dan model bisnis, dilindungi oleh hak cipta, merek, paten dan hak kekayaan intelektual lainnya yang tersedia berdasarkan hukum Republik Indonesia yang terdaftar baik atas nama Kami ataupun afiliasi Kami. Kami (dan pemberi lisensi Kami) memiliki seluruh hak dan kepentingan atas Aplikasi dan Layanan, termasuk seluruh hak kekayaan intelektual terkait dengan seluruh fitur yang terdapat di dalamnya dan hak kekayaan intelektual terkait.
  2. Pelanggan dilarang untuk menggunakan logo atau gambar yang berkaitan dengan Aplikasi, melakukan modifikasi pada aplikasi dan melakukan tindakan menyimpang lainnya yang bertentangan dengan kepentingan serta syarat dan ketentuan ini maka merupakan pelanggaran terhadap Hak Kekayaan Intelektual.

Bentuk Pelanggaran

  1. Menghapus setiap pemberitahuan hak cipta, merek dagang atau pemberitahuan hak milik lainnya yang terkandung dalam Aplikasi.
  2. Menyalin, memodifikasi, mengadaptasi, menerjemahkan, membuat karya turunan dari, mendistribusikan, memberikan lisensi, menjual, mengalihkan, menampilkan di muka umum baik sebagian maupun seluruhnya, merekayasa balik (reverse engineer), mentransmisikan, memindahkan, menyiarkan, menguraikan, atau membongkar bagian manapun dari atau dengan cara lain mengeksploitasi Aplikasi (termasuk perangkat lunak, fitur dan Layanan di dalamnya).
  3. Memberikan lisensi, mensublisensikan, menjual, menjual kembali, memindahkan, mengalihkan, mendistribusikan atau mengeksploitasi secara komersial atau membuat tersedia kepada pihak lain Aplikasi dan/atau perangkat lunak dengan cara menciptakan tautan (link) internet ke Aplikasi atau “frame” atau “mirror” setiap perangkat lunak pada server lain atau perangkat nirkabel atau yang berbasis internet.
  4. Meluncurkan program otomatis atau script, termasuk, namun tidak terbatas pada, web spiders, web crawlers, web robots, web ants, web indexers, bots, virus atau worm, atau program apapun yang mungkin membuat beberapa permintaan server per detik, menciptakan beban berat atau menghambat operasi dan/atau kinerja Aplikasi.
  5. Menggunakan aplikasi pencarian atau pengambilan kembali situs, perangkat manual atau otomatis lainnya untuk mengambil (scraping), indeks (indexing), survei (surveying), tambang data (data mining), atau dengan cara apapun memperbanyak atau menghindari struktur navigasi atau presentasi dari Aplikasi atau isinya.
  6. Menerbitkan, mendistribusikan atau memperbanyak dengan cara apapun materi yang dilindungi hak cipta, merek dagang, atau informasi lain yang Kami miliki tanpa persetujuan tertulis terlebih dahulu dari Kami atau pemilik hak yang melisensikan hak-nya kepada Kami, dan
  7. Menggunakan dan/atau mengakses secara tidak resmi Aplikasi untuk:
    • merusak, melemahkan atau membahayakan setiap aspek dari Aplikasi, Layanan atau sistem dan jaringan terkait, dan/atau
    • membuat produk atau layanan tandingan serupa menggunakan ide, fitur, fungsi atau grafik menyerupai Aplikasi.
  8. Menggunakan Aplikasi untuk keperluan di luar yang kami maksud dalam Layanan.

Ketidaksempurnaan Aplikasi

  1. Pelanggan dengan ini menyadari dan memaklumi bahwa Digital Platform seperti Aplikasi PASTI ANGKUT memiliki kemungkinan untuk dilakukan penyalahgunaan oleh PIHAK KETIGA dengan proses hacking atau sejenisnya sehingga mengakibatkan terjadi kebocoran data.
  2. Pelanggan dengan ini menyadari dan memaklumi aplikasi ini akan terus berkembang sehingga nantinya jika ada bug atau eror dalam aplikasi maka Mitra Angkut segera melaporkan kepada customer service PT Tata Karya Gemilang.

Keadaan Kahar

Aplikasi dapat diinterupsi oleh kejadian di luar kewenangan atau kontrol PT Tata Karya Gemilang sehingga Pelanggan sepakat termasuk dalam keadaan kahar, termasuk namun tidak terbatas pada bencana alam, gangguan listrik, gangguan telekomunikasi, kebijakan pemerintah, dan lain-lain. Pelanggan setuju untuk membebaskan PT Tata Karya Gemilang dari setiap tuntutan dan tanggung jawab, jika Kami tidak dapat memfasilitasi Layanan, termasuk memenuhi instruksi yang Pelanggan berikan melalui Aplikasi, baik sebagian maupun seluruhnya, karena suatu Keadaan Kahar.

Penyelesaian Sengketa

  1. Apabila muncul perselisihan dan perbedaan tafsir terhadap Syarat dan Ketentuan ini, maka Pelanggan dan PT Tata Karya Gemilang menyelesaikan perselisihan secara musyawarah mufakat.
  2. Apabila musyawarah sebagaimana dimaksud pada ayat (1) tidak tercapai mufakat, maka ditunjuk mediator dari Yayasan Sang Pamegat Indonesia untuk membantu menyelesaikan persoalan ini.
  3. Dalam hal musyawarah dan mediasi tidak berhasil, maka Pelanggan dan PT Tata Karya Gemilang sepakat untuk menyelesaikannya melalui Pengadilan Negeri Kabupaten Sleman.

Persetujuan Elektronik

  1. Pelanggan dan PT Tata Karya Gemilang setuju dan sepakat bahwa Perjanjian ini dibuat dalam bentuk Kontrak Elektronik dan tindakan mengklik persetujuan secara elektronik merupakan bentuk pernyataan persetujuan atas ketentuan Perjanjian ini sehingga Perjanjian ini sah, mengikat para pihak dan dapat diberlakukan.
  2. Pelanggan dan PT Tata Karya Gemilang setuju bahwa tiada ada pihak yang akan memulai atau melakukan tuntutan atau keberatan apapun sehubungan dibuatnya maupun keabsahan Perjanjian ini berikut amandemen atau perubahannya dalam bentuk Kontrak Elektronik.
  3. Mitra Angkut dan PT Tata Karya Gemilang setuju dan sepakat bahwa segala perubahan, amandemen atas Perjanjian ini dan Persyaratan (termasuk syarat dan ketentuan untuk penggunaan fitur-fitur lain dalam Aplikasi), perubahan mana dapat dilakukan oleh PT Tata Karya Gemilang atau pihak Afiliasi PT Tata Karya Gemilang atas dasar pertimbangannya sendiri, juga dapat dibuat secara elektronik salah satunya dalam bentuk Kontrak Elektronik. Perubahan atas Perjanjian ini atau Persyaratan akan berlaku setelah PT Tata Karya Gemilang mengumumkan perubahan Persyaratan tersebut baik melalui Aplikasi PASTI ANGKUT ataupun melalui media lainnya yang dipilih oleh PT Tata Karya Gemilang dan Pelanggan menyetujui bahwa akses atau penggunaan Pelanggan yang berkelanjutan atas Aplikasi setelah tanggal pengumuman atas perubahan syarat dan ketentuan dalam Persyaratan akan diartikan bahwa Pelanggan setuju untuk terikat oleh Persyaratan, sebagaimana telah diubah atau ditambahkan.

Bagikan

mail